Riwayat O’C

Nama saya Candra Prasetyo
Lahir di Sidoarjo, tanggal 30 November 1982, tengah malam (kurang lebih pukul 23:30 WIB..bisa dicek di akte kelahiran saya).
Tanggal kelahiran saya tersebut adalah tanggal yang sangat bersejarah, bertepatan dengan peristiwa-peristiwa penting di dunia, antara lain: …😀

Riwayat SD ku
Sekolah Dasar saya di SD Negeri 1 Gilang, kecamatan Taman, kab Sidoarjo, SD yang dulu cukup terpencil di daerah pinggiran kabupaten Sidoarjo.
Saat saya baru kelas 1, teman-teman saya sering memanggil saya dengan julukan beng-beng, “Beng-beng” alias gembeng.. karena saya gampang nangis kalau dikerjai anak-anak..saya sendiri gak pernah berani membalas karena takut sama Bapak plus malah kasihan sama anak tersebut kalau sampai saya pukul. Bapak sering mengatakan, “masio awakmu gak salah, ojo tawuran, lek tetep tawuran, tak ceplesi malahan awakmu, jak omong enak-enakan ae, lek gak iso .. tinggalen”. Yup, itulah pesan moral yang disampaikan almarhum Bapak saya sejak saya SD.
Tapi punya teman nakal memang gak enak. Saat Sd saya selalu membawa koper untuk sekolah, warna biru, cover keras. Setiap istirahat, koper saya selalu dicorat-coret pakai kapur tulis.. sering ditulisi “Awas BOM !!!”. Setiap pulang mesti harus kubersihkan dulu. Nama orang tua saya sering diolok-olok sama anak-anak, tapi kata Ibu saya, “seng sabar Le, gak usah dibales..toh awakmu gak rugi opo-opo..ojo mbales, ngelokno wong tuo koncomu iku podo karo ngelokno wong tuomu dhewe”. Saya cuma bisa bilang, “nggih, Bu..”.
Saya kalau sekolah jalan kaki, karena jarak rumah dengan sekolah cuma 800 meter. Saat istirahat, saya suka beli juwet (nama buah..kalau dimakan bikin biru di lidah) atau main gamewatch (gembot), atau skedar beli limun. Uang saku saya cuma Rp 200,-, tapi alhamdulillah masih bisa nabung. Kelas 6 SD terkumpul dan akhirnya bisa beli jam tangan sendiri, SEIKO automatic yang gak pakai batrei hanya pakai denyut nadi. Woow..tentu saja masih ditambahi Rp 40.000 sama Bapak…he3… karena tabungan di celenganku cuma Rp 75.000-an.
Masa SD saya cukup gembira dan penuh petualangan. Main bersama teman-teman saat siang atau sore hari.. kadang pura-pura tidur sama Ibu, sambil nunggu Ibu tertidur biar bisa main di luar..mengendap-ngendap turun dari tempat tidur…tapi sayang sering ketahuan..terus dimarahi, disuruh tidur lagi..he2.
Kalau pas malam, yang paling saya senangi adalah permainan polisi-polisi-an, malingnya sembunyi, polisinya yang nyari. Sering kalau sudah terlalu malam tapi belum ketemu juga teman-teman saya sembunyi di mana, akhirnya langsung pulang..besoknya saya tanyai..eeh ternyata mereka sembunyinya di rumahnya masing-masing sambil nonton TV sampai tertidur.
Waktu saya kecil, desaku masih banyak sawah yang sangat luas. Bersama teman-teman paling seru kalau main lempar-lemparan lumpur. Dibuat dua kelompok, masing-masing kelompok cepat-cepatan saling mengalahkan. Seru banget…!. Pas pulang baju kotor semua..he3.
Sejak dari SD kelas satu, saya selalu juara…meski diremehkan sebelumnya oleh salah satu guruku karena saya masih terlalu kecil dan nangisan. Kalau tidak juara 1 ya juara 2, tapi pernah rangking 5..gara-gara terlalu banyak main. Teman bersaing terberatku adalah Eko P. Rinawan namanya, saya masih ingat betul karena dia adalah salahsatu teman terbaikku. Dia sangat pintar sekali, tapi sayang dia menjadi gila saat masuk SMP, karena masalah keluarganya yang broken-home. Saya bisa menjadi juara, meski banyak main, karena orang tua memberi saya waktu khusus di mana harus ada di rumah dan belajar…baik mengerjakan PR maupun belajar materi sebelumnya atau yang akan diberikan.
Beberapa teman-teman SD saya yang masih terkenang adalah Suryadi (si petualang), dan Ari PAmungkas (si master game nitendo..punya nitendo di rumahnya).
Saat SD saya sempat punya CINTA MONYET sama anak sekelas, cuantiik anaknya … anak tukang bakso. He3..tapi yah namanya masih kecil. Saat SMP sudah naksir yang lainnya lagi.

Cerita saat SMP, nanti dulu yah…. (to be continue … alias bersambung)

1 Comment (+add yours?)

  1. mahdiyani praptandari
    Jun 17, 2010 @ 19:09:06

    he10,pantas saja pak candra sekarang jd guru IPA & B.inggris.Lha wong pak candra aja ga pernah rangking 5.kalau saya sih..nggak pernah rangking satu.paling bagus rangking 2.kalau nggak rangking 2,ya rangking 3.kalau nggak rangking 3,ya rangking 8.tapi,Alhamdulillah,kemarin waktu rapotan rangking 2.pak,ngomong2,tanggal lahir bapak sih menurut saya hari Jum’at kliwon.hahahaha.trims sebuaaaaanyak banyaknya utk bapak yg sudah memberikan ilmu.;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: